Jenis-Jenis OS di Android Beserta Kelebihannya

Android merupakan OS ( Operating System ) yang diciptakan pada tahun 2008 dan terus berkembang hingga sekarang. Sistem android ini adalah system yang berbasis Linux. Sistem Android ini banyak digunakan di smartphone dan tablet dengan layar sentuh. Pada dasarnya setiap jenis android mempunyai kelebihannya masing-masing. Sistem Operasi ini dulu dikembangkan oleh Android.Inc namun seiring perkembangannya  sistem operasi ini dibeli oleh perusahaan internet raksasa yaitu Google.Inc yang menjadi produk besar di bidang smartphone canggih. Setiap nama dari jenis-jenis android ini memiliki nama yang unik. Kenapa ? Karena dinamakan dari nama makanan.Mari kita gali lebih banyak tentang Jenis-Jenis OS di Android Beserta Kelebihannya


Android 1.1
Android v1.1 merupakan android keluaran pertama pada tanggal 9 Maret 2009 oleh pihak Google. Fitur pada android keluaran pertama ini ialah disupport oleh Google Mail Service dan pembaharuan pada aplikasi, jam, pencarian suara, pengiriman pesan lewat google mail ( GMail ) serta pemberitahuan email. 






CupCake 1.5
Setelah merilis android pertamanya, Google kemudian mengeluarkan jenis android pada tahun itu juga. Android tersebut dinamakan Cupcake, yaitu salah satu jajanan. Versi Cupcake ini adalah versi 1.5 penerus sebelumnya. Pada Android Cupcake kali ini ada beberapa penambahan fitur untuk seluler seperti dapat merekam dan menonton video dalam modus kamera, mengunggah video dan gambar ke youtube maupun picasa dari telepon langsung, dukungan bluetooth A2DP, sambungan otomatis ke headset bluetooth, keyboard yang dapat disesuaikan dengan sistem dan animasi layar.

Donut 1.6
Selalu memperbaharui android nya, Google kemudian mengeluarkan android generasi ketiga yaitu Donut. Sama seperti yang sebelum-sebelumnya android ini juga dinamakan nama makanan. Pembaharuan yang lebih baik dari sebelumnya yaitu meliputi menampilkan pencarian lebih baik, indikator baterai, dan kontrol VPN. Untuk fitur galeri android donut yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus sehingga penghapusan akan lebih mudah, kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan, VPN, Gestures, Text-to-speech engine serta kemampuan dial kontak.

Android Esclair 2.0
Untuk versi 2.0 ini perubahannya tidak terlalu mencolok. Perubahan ini yaitu peningkatan hardware, peningkatan Google maps, perubahan browser agar terintegrasikan html5, daftar kontak terbaru, dukungan flash, serta kamera zoom.



Froyo ( Frozen Yogurt ) 2.2
Android versi 2.2 ini dirilis pada 20 Mei 2010. Android ini memiliki kinerja 2-5 kali lebih cepat dari versi sebelumnya, Intergrasi v8 Javascript yang digunakan untuk Google Chrome, Pemasangan apk dalam SD card, Fitur Teathring ( Hotspot Portable ) serta fitur auto update pada apk market.






Gingerbread 2.3
Sama seperti update-update sebelumnya, android versi ini juga menambahkan fitur-fitur dan pembaharuan seperti peningkata kecepatan dalam gaming, layar antar muka, dukungan format baru dalam video, peningkatan fungsi copy/paste, dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), serta dapat digunakan lebih dari satu kamera.



Honeycomb 3.0
Android versi Honeycomb adalah android yang dikhususkan untuk pengguna tablet dan tidak dapat digunakan dalam hp/smartphone. Fiturnya disesuaikan dengan penggunaan tablet, Sistem ini didesain khusus agar bekerja maksimal di tablet. Fitur dari Honeycomb sendiri adalah mendukung sistem multiprosessor serta akselerasi VGA untuk grafis.



ICS : Ice Cream Sandwich 4.0
ICS diluncurkan pertama kali pada 10 Mei 2011. Google mengklaim ICS dapat digunakan pada Smartphone maupun Tablet. ICS ini membawa fitur dari Honeycomb serta penambahan Face unlock/pengamanan dengan wajah, kontrol jaringan data, kontak jaringan terpadu, tambahan perangkat fotografi serta pencarian email secara offline.




Jellybean 4.1
Android Jellybead dirilis dengan membawa fitur-fitur baru yang menawan. Fitur-fitur tersebut antara lain voice search dengan lebih mudah dan cepat, informasi cuaca, info lalulintas, Notifikasi Quick Reply sehingga pengguna akan lebih mudah membalas pesan/telepon, serta Screencapture.







Kitkat 4.4
Nama Kitkat sendiri diambil dari salah satu produk coklat milik nestle yang sudah mendapat persetujuan dari pihak mereka. Pada Kitkat ini bug-bug pada Jellybean sudah dihilangkan. Berbagai fitur disediakan pada kitkat ini. Pencarian di versi ini dapat dilakukan dengan suara/voice search, Optimasi pada konsumsi baterai, serta dapat berjalan pake spesifikasi yang minimum.





Lollipop 5.0 
Pada tahun 2014 Google kembali meluncurkan Android terbaru yaitu Lollipop. Pada Lollipop ini memiliki peningkatan sistem keamanan dan tampilan yang lebih dinamis. OS android ini di biasanya digunakan dalam berbagai perangkat elektronik bahkan TV. Fitur yang terdapat dalam Lollipop antara lain Quick Setting dan Quick Notifikasi, lebih hemat daya, performa yang 5x lebih cepat dari versi Kitkat serta fitur keamanan yang tinggi.




Marshmallow 6.0
Android versi ini adalah pemutakhiran dari versi-versi sebelumnya. Android ini dirilis pertama kali pada Mei 2015. Marshmallow berfokus pada perbaikan fitur dan penambahannya. Penambahan Fitur-fitur pada Marshmallow antara lain :

  • Dukungan USB type C
  • Android Pay
  • Fingerprint ( Sensor sidik jari )
  • App Permissions
  • Auto Backup Aplikasi
  • Google Now on Tap

Itulah sedikit informasi tentang Jenis-Jenis OS di Android Beserta Kelebihannya yang mungkin bisa menjadi referensi anda dalam memilih gadget bagi kebutuhan anda.

Artikel Terkait

Jenis-Jenis OS di Android Beserta Kelebihannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

15 komentar

December 31, 2015 at 1:03 PM delete

mulai nyicip android dari android 4 sampai sekarang lolipop, belom sampe android M sih, bug nya lumayan banyak hehe.. btw nice info gan, jadi tau seri OS dari awal.

Reply
avatar
December 31, 2015 at 1:03 PM delete

wah ternyata baru tau nih, banyak juga jenis OS di android.

Reply
avatar
December 31, 2015 at 1:10 PM delete

sama-sama gan. semoga infonya bermanfaat

Reply
avatar
December 31, 2015 at 1:15 PM delete

Sudah android M apa ya kak kira kira ?

Reply
avatar
December 31, 2015 at 1:23 PM delete

Jangan kebanyakan . nanti kencing manis lhoo.. thank's infonya gan

Reply
avatar
December 31, 2015 at 1:25 PM delete

hanya beberapa saja yang udah gan. kalo indonesia kebanyakan masih lollipop

Reply
avatar
February 1, 2016 at 10:09 AM delete

Dulu sempet ngerasaim froyo taun 2010 an kalo ga salah..hehehe....such a long time ago

Reply
avatar
February 18, 2016 at 5:18 PM delete

ane barusan up ke os lolipop mantap gan

Reply
avatar
October 28, 2017 at 10:07 PM delete

Saya masih menggunakan jelly bean, pembaruan semua versi tergantung kebutuhan, semua dapat di update jika memang ingin

Reply
avatar