Mengatasi Laptop / Komputer Jinjing Yang Cepat Panas

Mengatasi Laptop Yang Sering Panas - Laptop untuk era saat ini adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat modern. Laptop dapat digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat zaman sekarang salah satunya untuk bekerja. Namun apakah anda mengetahui sebab-sebab memanas nya sebuah laptop ? Laptop dapat memanas biasanya tergantung waktu penggunaan. Bagi yang belum tahu laptop memiliki daya tahan yang lebih rentan dari pada komputer karena komponen-komponen nya berada bersama berbeda dengan komputer yang kebanyakan komponennya terpisah. Selain itu kipas pada laptop juga berbeda dengan komputer. Di komputer kipas dapat menjaga suhu CPU secara stabil, sedangkan di laptop walaupun juga memiliki pendingin namun kekuatannya tidak mumpuni. Kemampuan laptop biasanya hanya sampai 3 jam an saja. Namun jika digunakan untuk hal berat seperti bermain game maka otomatis laptop akan memanas. Oleh karena itu saya akan memberikan tips mengenaik Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Panas.
Cara Mengatasi Laptop Panas
Laptop Panas

Penyebab Laptop Overheat
  • Penggunaan tanpa kenal lelah. Seperti bermain game berjam-jam
  • Saluran Udara yang tidak sempurna
  • Saluran udara terhambat
  • Laptop anda terserang Virus
  • Dan masih banyak lagi
Akibat Laptop Yang Overheat
  • Saat digunakan untuk melakukan pekerjaan dapat terjadi hang atau tidak berjalan
  • Windows tidak merespon ketika digunakan
  • Suara kipas pada laptop akan terdengar lebih keras dari biasanya yang otomatis kipas akan bekerja lebih extra
  • Ketika ingin menghidupkan laptop dapat terjadi " Black Screen " yang tidak dapat masuk ke windows
  • Tidak meresponnya mouse dan keyboard
  • Windows dapat memunculkan Blue Screen atau kesalahan hardware
Tips Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas / Overheat

1. Menggunakan Software Pengatur Suhu

Penggunaan software pada laptop untuk mengkontrol suhu juga sangat membantu untuk mengatasi laptop yang overheat. Dengan menggunakan software ini maka kita akan lebih mudah untuk men-setting power pada laptop kita. Seperti fungsi dari software Speedfan yang dapat mengatur suhu prosessor dan komponen lainnya yang bisa anda dapatkan dengan mudah di Google.

2. Mengganti Thermal Paste GPU

Thermal Paste GPU adalah sebuah komponen pada laptop yang bertugas mengalirkan suhu panas pada Prosessor dan GPU. Jika laptop anda tiba-tiba blank ketika digunakan untuk kerja 2x bisa jadi masalah nya pada Thermal Paste GPU. Thermal Paste GPU dapat menjadi mengering yang dengan otomatis tingkat efektivitasnya menjadi berkurang. 

3. Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengatur suhu pada laptop. Benda ini dapat menurunkan suhu pada laptop dari 1-5 derajat celcius, bahkan cooling pad yang canggih dapat menurunkan lebih dari itu. Cooling pad merupakan alat yang efisien, namun selalu lihat apakah cooling pad anda bersih. Apabila tidak bersih memungkinkan debu masuk kedalam laptop dan merusak komponen pada laptop. 


4. Membersihkan Kipas atau Heatsink

Banyak komponen yang membuat laptop anda cepat panas. Komponen tersebut adalah Prosessor, Hardisk, Baterai, VGA, dan Kipas. Biasanya pada bagian kipas tertutup oleh debu yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan kipas tidak dapat bekerja dengan maksimal. Disarankan untuk membersihkan kipas setiap 1 bulan sekali. Atau anda dapat menggunakan pelumas untuk membersihkannya.

5. Mensetting Laptop

Untuk tips yang terakhir ialah mensetting laptop anda sendiri. Dengan mensetting laptop anda dapat dengan dilakukan dengan mensetting LCD dengan pencahayaan yang minim. Selain itu lihatlah pengaturan BIOS pada laptop anda. Pencahayaan yang minim dapat mengurangi resiko panas pada komponen laptop. 

Kesimpulan

Setelah melihat tips-tips diatas, Tips diatas dapat anda praktekan untuk mengatasi laptop anda yang mudah panas. Namun untuk menjaga laptop agar tetap keadaan baik ialah dengan merawat laptop anda dengan membersihkannya dengan rutin sehingga akan berdampak baik pada kinerja laptop anda. 

Artikel Terkait

Mengatasi Laptop / Komputer Jinjing Yang Cepat Panas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 komentar

January 14, 2016 at 8:07 AM delete

Terima kasih gan atas infonya , memang iya pemakaian yg tidak normal pasti akan membuat suhu laptop kita panas dan mengakitbatkan error , seperti main game , pembukaan aplikasi yg sangat banyak

Reply
avatar
January 15, 2016 at 7:13 AM delete

benar sekali gan , karena laptop lebih rentan panas dari pada komputer. dikarenakan komponen-komponen pada laptop menjadi satu. hal tersebut merupakan salah satu yang menyebabkan laptop kita menjadi cepat panas apalagi dalam penjalanan aplikasi yang berat.

Reply
avatar
February 1, 2016 at 4:55 PM delete

baru tau gan kalo ada software pengatur suhu. Ini free download kan appnya ?

Reply
avatar
February 1, 2016 at 10:40 PM delete

iya gan . dengan software tsb maka pengontrolan aplikasi yang berjalan pada laptop kita akan lebih mudah dilakukan

Reply
avatar
February 18, 2016 at 5:17 PM delete

:3 kalo suuhu ane jadiin kyk es bisa gk ya :3 btw nice post mw coba nih pake software ini + main game

Reply
avatar
February 18, 2016 at 5:40 PM delete

itu kayaknya mainnya harus di kutub gan hehe

Reply
avatar