Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Cloudflare

Cara Mendapatkan SSL Gratis dari Cloudflare. sebelum menggunakan SSL kita harus mengetahui apa itu SSL. Secara garis besar SSL ( Secured Socket Layer ) adalah suatu sertifikat yang digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs web. Sehingga dengan menggunakan SSL ini maka data yang berada di website anda akan aman dan dapat terhindar dari tangan peretas. Algoritma google yang terbaru juga mengedepankan website yang memasang SSL bagi situs mereka. Sebenarnya untuk mendapatkan SSL kita harus membeli di penyedia SSL seperti Comodo, Godaddy, Namecheap dan lain-lain. Namun saat ini saya akan memberikan cara untuk mendapatkan SSL dengan GRATIS di Cloudflare.

SSL Gratis dari Cloudflare

Fitur di dalam cloudflare cukup memuaskan. Di cloudflare mereka menyediakan fitur yaitu CDN ( Content Delivey Network ). CDN adalah semacam server yang berada di seluruh dunia yang bertugas me-mirror konten dari website kita ke server terdekat. Oleh karena itu loading situs akan lebih cepat karena berasal dari server terdekat dengan kita.

Mendapatkan SSL dari Cloudflare dengan Gambar :

Pertama, silahkan daftar terlebih dahulu di https://www.cloudflare.com/a/sign-up
dengan mengisikan email dan password akun kalian.
Jika sudah menyelesaikan pendaftaran maka masukan nama domain/nama website yang ingin anda beri SSL. Domain gratis maupun berbayar.

Setelah itu cloudflare akan men-scan domain kita kurang lebih 1 menit untuk mengetahui record dari domain kita.
Keempat, setelah proses record domain kita maka cloudflare akan memberikan pilihan jenis langganan. Untuk ini pilih saja yang Free Plan.
Setelah memilih plan yang akan kita gunakan maka kita harus melakukan pergantian nameserver dari penyedia domain ke nameserver milik cloudflare.

Setelah sudah maka nameserver anda akan diarahkan ke nameserver milik cloudflare. Hal ini tidak mempengaruhi hosting anda karena cloudflare ini bersifat hanya jembatan. Dengan cara kerja seperti berikut.

Settingan :

Lama :
Domain ==> Hosting
Menggunakan Cloudflare
Domain ==>Cloudflare ==> Hosting

Setelah nameserver sudah anda ganti. Tunggu hingga nameserver benar-benar bekerja maksimal 2x24 Jam. Jika website anda sudah dapat diakses dengan menggunakan https:// maka tandanya SSL sudah berhasil dipasang.

Artikel Terkait

Cara Mendapatkan SSL Gratis Dari Cloudflare
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

December 25, 2015 at 10:58 PM delete

kalau yg freeplan jangka waktu nya brpa lama sob?

Reply
avatar
December 25, 2015 at 11:01 PM delete

tidak ada batasannya sob. mungkin sampai cloudflare sudah tutup

Reply
avatar
December 26, 2015 at 6:18 AM delete

SSL Gratis itu untuk domain TLD saja apa gimana gan?

Reply
avatar
December 26, 2015 at 9:27 AM delete

iya gan. hanya untuk yang sudah berdomain tidak TLD tidak masalah

Reply
avatar