Pengertian Serta Teknik WhiteHat SEO dan BlackHat SEO

Dalam dunia SEO atau disebut Search Engine Optimization adalah tekhnik optimasi yang digunakan dalam Blog ataupun website untuk mencapai ranking paling baik( Mengoptimalkan ) di mesin pencari seperti Google. Dengan menggunakan SEO ini maka blog ataupun website akan lebih mudah mendapatkan hasil di halaman pertama mesin pencari sehingga blog atau website kita akan menjadi dikenal mesin pencari dan akan mendapatkan pengunjung yang maksimal atau banyak. Di dalam dunia SEO terdapat dua teknik yang dikenal. Teknik tersebut ialah Whitehat SEO dan Blackhat SEO. Oleh karena itu saya akan menjelaskan tentang Pengertian dan Perbedaan Whitehat SEO dan Blackhat SEO. 
Whitehat SEO VS Blackhat SEO

PENGERTIAN

  • Whitehat SEO
Whitehat SEO adalah secara garis besar ialah teknik SEO dengan baik menurut Search Engine dan tidak melanggar TOS dari Search Engine untuk menaikan rangking blog. Namun untuk melakukan whitehat SEO ini membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi dapat hasil yang maksimal alias dapat bertahan lama di Search Engine terutama Google. 

  • Blackhat SEO
Dalam SEO, Blackhat SEO ialah teknik optimasi SEO dengan kasar ataupun melanggar TOS dari Search Engine atau dalam artian lain teknik ini memaksa blog atau website untuk mencapai hasil maksimal tanpa melihat aturan. Sehingga ranking blog tidak akan tahan lama dalam Search Engine terutama Google yang menerapkan algoritma terbaru yang dapat mendeteksinya.

Perlu diketahui bahwa jika kita melakukan hal berlebih untuk blackhat SEO maka blog kita bisa masuk dalam Google Sandbox dan kemungkinan besar tidak akan nampak di Search engine.


TEKNIK WHITEHAT SEO & BLACKHAT SEO

  • TEKNIK WHITEHAT SEO
Dalam teknik whitehat SEO berikut adalah cara-cara yang tidak melanggar TOS :

Optimasi Kata Kunci Artikel
Yaitu dengan mengoptimasi kata kunci yang tidak diberi warna maupun ukuran.

Optimasi URL Artikel
Optimasi URL ialah dengan memasukan kata kunci artikel ke dalam URLnya agar dapat bertahan di search engine .
Contoh URL yang tidak baik : http://nethama.blogspot.com/2015/12/blog-post.html
Contoh URL yang baik : http://nethama.blogspot.com/2015/12/pengertian-teknik-seo-terbaru.html

Optimasi Isi Konten
Maksudnya adalah kita harus menyajikan konten yang berkualitas dan original karena search engine suka konten yang original alias tidak copy paste.

Membuat Backlink/Link Building
Linkbuilding disini adalah dimaksudkan tidak membeli backlink berpage rank tinggi, Namun dengan membangun link secara alami. Mesin pencari lebih suka hal seperti itu.

Pengoptimalan Penggunaan Meta Tag
Penggunaan meta tag ialah dengan memberikan keyword di :
  • Judul
  • Meta Description
  • Meta Keyword
  • Keyword/Caption di Gambar
  • Tittle Tag
  • URL yang berisi Keyword
Dengan menggunakan cara tersebut maka ranking blog kita di search engine akan bagus karena robots.txt dapat dengan mudah merayapi artikel kita hanya dengan memberikan keyword di tempat-tempat tersebut. Namun membuat konten harus relevan dengan sesuatu yang ingin kita berikan. Jangan membuat kata kunci berlebihan yang tidak ada hubungan nya dengan artikel kita. 

Ping Artikel
Ping artikel ialah memberikan isyarat kepada Mesin pencari jika artikel terjadi atau baru dibuat. Jika merubah konten usahakan me-ping artikel tersebut agar kembali dirayapi oleh mesin pencari. Anda bisa melakukan ping di Googleping.com, Pingler.com, Pingfarm.com dan masih banyak situs penyedia layanan ping tersebut. Usahakan me-ping artikel anda setiap hari.


Lakukan lah Blog Walking / Promosi Ke Sosial Media
Sosial media sangat membantu banyak atau tidaknya pengunjung kita. Sosial media juga dapat digunakan untuk mempromosikan blog/website kita. Namun kita membuat judul yang berkaitan dengan isi artikel. Jangan membuat artikel dengan judul Pengertian Whitehat SEO namun isinya Pengertian Blackhat SEO.

  • TEKNIK BLACKHAT SEO
Dalam teknik ini maka SEO yang digunakan adalah sedikit kasar atau dapat melanggar TOS mesin pencari :

Keyword Stuffing
Maksud dari keyword stuffing ialah memberikan keyword yang berlebihan pada suatu artikel atau memberikan keyword yang berulang-ulang. Hal tersebut dibenci mesin pencari.

Link Farming ( Berternak Farming )
Link farming ialah suatu teknik dengan mengumpulkan link dalam suatu halaman atau artikel blog atau dapat dilakukan di blog zombie dengan jumlah berlebihan dari ratusan hingga ribuan.

Invisible Text ( Teks tak terlihat )
Teks tak terlihat ialah keyword yang disamakan warnanya dengan background template sehingga keyword secara tidak langsung tidak nampak oleh pengunjung. Seperti contoh background berwarna putih dan tulisan dibuat berwarna putih.

Pengulangan Judul Artikel
Yaitu artikel tersebut berisi pengulangan dari judul artikel nya. Contohnya yaitu jika kita membuat artikel berjudul Cara Root Android maka isi dari artikelnya hanya pengulangan judul saja. Hal ini biasanya digunakan bagi keyword-keyword terbaru.

Mungkin itulah sedikit informasi tentang Pengertian Serta Teknik WhiteHat SEO dan BlackHat SEO. Namun sebaiknya kita melakukan teknik whitehat SEO, walaupun memakan waktu lama kemungkinan bertahan di Mesin Pencari cukuplah besar karena alami dari Mesin pencari itu sendiri. Jika menggunakan Blackhat SEO lakukanlah sewajarnya ( jangan berlebihan ) karena berlebihan juga tidak baik agar terhindar dari hukuman Google Sandbox.

Artikel Terkait

Pengertian Serta Teknik WhiteHat SEO dan BlackHat SEO
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

11 komentar